pay per click

Pages

Minggu, 13 Juli 2014

Dampak Buruk Rokok pada Wanita

        Dampak Buruk Rokok pada Wanita


Rokok kini bukan hanya menjadi konsumsi kaum pria, tetapi juga sudah mulai menjajah kaum wanita,  padahal akibat yang ditimbulkannya bukan hanya pada diri sendiri tetapi juga pada orang-orangdisekitarnya, terutama keluarga dan anak-anaknya. Ribuan wanita telah meninggal setiap tahunnya karena penyakit yang terkait dengan rokok, bahkan rokok memiliki dampak yang lebih buruk pada wanita dibandingkan dengan pria. Beberapa dampak buruk rokok pada wanita  :
  • Untuk wanita hamil dan menyusui, rokok telah terbukti menyebabkan berbagai kelainan pada kehamilan seperti persalinan prematur, berat badan bayi rendah, ketuban pecah dini, plasenta previa (plasenta menghalangi jalan lahir) keguguran, dan kematian bayi. Hal ini disebabkan, ketika anda merokok maka bayi kita pun akan ikut ‘merokok’ bersama anda. Bayi yang lahir dari ibu perokok akan lebih mudah batuk pilek, sakit telinga dan mengalami masalah pernafasan, dan lebih sering berkunjung ke dokter anak.
  • Seorang wanita mulai merokok dari usia remaja, resiko menopause dini akan meningkat tiga kali lipat. Selain itu merokok juga bisa menyebabkan gangguan haid  termasuk keputihan. Hal ini mungkin disebabkan karena kerja indung telur akibat rendahnya kadar estrogen pada perokok wanita.
  • Wanita perokok 50% lebih tinggi resikonya terkena penyakit jantung dibandingkan pria perokok akibat interaksi estrogen (zat yang bisa melindungi jantung) dengan zat kimia dalam rokok.
  • Merokok menghambat efek terapi pengganti estrogen pada wanita menopause.
  • Wanita yang merokok satu bungkus perhari akan mengalami kehilangan densitas tulang 5-10% lebih banyak dibanding yang bukan perokok setelah menopause.
  • Wanita perokok berisiko lebih tinggi untuk menderita kanker mulut rahim, karena rokok diduga melemahkan daya tahan sel-sel mulut leher rahim untuk melawan infeksi dan memudahkan sel-sel abnormal untuk berkembang biak.
  • Wanita perokok yang menggunakan kontrasepsi oral meningkat resikonya menderita penyakit jantung, penyakit pembekuan darah dan stoke, lebih rentan lagi pada usia di atas 35 tahun.
  • Wanita perokok 33% lebih rentan terkena tulang panggul dibanding yang bukan perokok.
Dengan begitu banyaknya dampak buruk rokok bagi kesehatan wanita, masihkan anda berpikir untuk terus merokok?

0 komentar:

Posting Komentar