pay per click

Pages

Minggu, 13 Juli 2014

Masa Kadaluwarsa Kosmetik

     Masa Kadaluwarsa Kosmetik


Pernahkah Anda memperhatikan saat Anda membeli kosmetik, kapan masa kadaluwarsa dari kosmetik yang Anda beli tersebut. Memang sebagian besar kosmetik tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsanya, lalu bagaimana bisa tahu kosmetik tersebut sudah tidak layak pakai lagi? Kosmetik punya masa pakai yang terbatas dan bila kita tetap bandel memakainya saat kadaluwarsa, bersiap saja muncul jerawat atau iritasi di kulit.
Mari kita simak masa kadaluwarsa kosmetik secara umum berikut ini:
Krim wajah: 6-12 bulan
Krim wajah apapun , hindari menyimpannya lebih dari 12 bulan. Pada umumnya krim wajah ini habis pakai 1-2 bulan, itulah mengapa sering dikemas dalam kemasan kecil.
Tabir surya: 1 tahun
Apapun tabir surya yang Anda gunakan, pastikan usianya tak lebih dari 1 tahun. Bila Anda jarang beraktivitas di luar ruangan, beli tabir surya dalam kemasan kecil. Jangan lupa, tutup rapat botol agar isinya tidak mudah mengering.
Concelear: 1 tahun
Karena hanya menutup bagian-bagian tertentu saja, concelear jadi awet. Namun bila sudah mendekati masa satu tahun, sebaiknya Anda tidak mengenakannya lagi, karena efeknya bisa menimbulkan iritasi atau jerawat pada kulit.
Spons make up: 2-3 bulan
Karena setiap hari digunakan ganti spons make up setiap 2-3 bulansekali. Mengapa? Bakteri gemar menempel dan berkumpul di tempat lembab, semakin sering digunakan, spons semakin lembab dan kuman bisa berpindah dari spons ke kulit Anda.
Pensil Eyeliner: 3 tahun
Pensil eyeliner cukup awet dibandingkan eyeliner biasa, ia dapat bertahan selama 3 tahun. Namun, ia harus di raut secara teratur agar bakteri tidak tinggal di ujung.
 Maskara: 3-6 bulan
Maskara adalah tempat ternyaman bagi bakteri untuk berkembang sehingga usia pakai setidaknya 3-6 bulan.  Bila lebih dari itu, bakteri akan subur berkembang, dan kebanyakan maskara sudah menggumpal, sehingga mudah masuk dan mengiritasi mata.
Foundation: water based 12-16 bulan, oil based 18-24 bulan
Karena bahan dasarnya berbeda, foundation berbahan dasar air lebih mudah habis usia pakainya. Sedangkan berbahan dasar minyak lebih awet, karena minyak mampu mempertahankan usia lebih lama.
Ciri bila foundation sudah tidak layak pakai adalah terpisah menjadi dua bagian dan warnanya sudah tidak jernih lagi, bahkan beberapa foundation cenderung berwarna gelap tak rata.
 Eyeshadow: 3-5 tahun
Bebeerapa eyeshadow berkualitas baik dapat bertahan sekitar 3-5 tahun. Namun pastikan mengganti spons atau kuas secara teratur.
Lipstick: 2-4 tahun
Bila sudah kadaluwarsa, lipstick cenderung menggumpal dan aromanya kurang sedap. Masa kadaluwarsa lipstick sekitar 2-4 tahun, pastikan Anda memilih lipstick berkualitas baik dan jangan membeli lipstick tak bermerek jelas. Pewarnanya bias jadi berbahaya bagi Anda lho.
 Pensil bibir/lip liner: 3-4 tahun
Sama halnya dengan pensil alis atau pensil eyeliner, lip liner dapat bertahan kurang lebih 3-4 tahun, dengan rajin meraut ujung pensil.
Cat kuku: 1 tahun
Cat kuku akan mudah mengering bila sudah mendekati masa pakainya. Setidaknya cat kuku dapat bertahan hingga 1 tahun.
Parfum: 2 tahun
Aroma parfum memudar setiap kali Anda menyemprotkannya. Udara  perlahan masuk ke dalam botol dan memudarkan aromanya. Dan dalam masa 2 tahun, aromanya takkan sekuat saat Anda memakainya pertama kali. Masa kadaluwarsa parfum ini tidak berbahaya dan tidak akan menimbulkan iritasi di kulit.

Cek kembali perlengkapan kosmetik Anda, bila perlu berikan stiker tanggal sehingga Anda tahu mana yang sudah harus dibuang.

0 komentar:

Posting Komentar